Pengalaman Ujian Microsoft Azure Fundamentals

Hari Selasa tanggal 17 November 2020 kemarin akhirnya setelah sekian lama absen ujian, saya mengambil ujian AZ-900 di satu testing center daerah Jakarta Pusat.

Alhamdulillah hasilnya saya lulus walaupun dengan skor yang bisa dibilang “barely passed”. Mengingat latar belakang saya yang tidak bersentuhan secara intensif dengan cloud, hanya dengan persiapan efektif kurang lebih 2 pekan saya pikir ini suatu keajaiban hahaha…

Sedikit background

Sebenarnya ujian Azure ini bukan sesuatu yang saya rencanakan dalam waktu dekat. Memang saya sudah ikut Virtual Training Day yang diselenggarakan oleh Microsoft pada bulan September 2020 lalu. Free exam voucher pun sudah didapat. Tapi setelah itu karena sibuknya project, tidak saya lanjutkan belajarnya, sampai Free Trial Azure pun tanpa sadar hangus tanpa pernah membuat 1 resource pun.

Sampai akhirnya sekitar pertengahan Oktober 2020, salah satu teman di group WA yang saya ikuti share link tentang free training Azure Security Technologies yang diselenggarakan Microsoft. Gimmick-nya cukup menggiurkan buat pemburu gratisan kayak saya: free exam voucher, free practice test voucher, free lab access for 180 days, cuma minus makan minum saja karena memang diselenggarakannya online lewat Microsoft Teams selama 5 hari penuh.

Sebelum mulai training Azure Security Technologies, materi fundamental di silabus AZ-900 mulai saya baca lagi. Setelah training AZ-500 selesai, balik lagi belajar fundamental, karena banyak term dan konsep baru yang harus dipahami agar lebih memahami materi Azure Security.

Mulai persiapan ujian

Ujian AZ-900 ini sebenarnya opsional, bisa saja langsung ujian AZ-500. Tapi sayang juga sudah dapat voucher gratis tapi tidak dipakai. Saya anggap pemanasan AZ-500 sekaligus menguji pemahaman saya akan dunia cloud khususnya Azure.

Mengenai proses redeem vouchernya sendiri, Microsoft sudah mengadopsi system voucher-less sejak 13 Juli 2020. Hal ini saya ketahui setelah saya open ticket ke Microsoft Technical Skill.
Saya kutip dari email ESI Technical Support tentang tatacara redeem voucher untuk peserta Virtual Training Day dari Microsoft:

Close all open browsers and use the In-Private browsing option using Edge Chromium/Chrome (Incognito mode). 
Copy and paste the link to select the exam https://docs.microsoft.com/en-us/learn/certifications/exams/az-900
 
1. Click on Schedule with Pearson VUE
2. Sign in to Certification Dashboard using the personnel email account. If you do not have an account, follow the steps to create one (Use personnel email and not the work email to create the certification profile).
3. Save the Profile and continue
4. Check your eligibility by entering the email account you used to register for the event. (Please click on the ‘Check Eligibility’ tab 3-4 times to double-check or refresh the page. If you get any Network error message like 50056 or AAL01 error code in yellow, please ignore it and proceed with the next steps).
5. Click Schedule exam
6. Select How do you want to take your exam ( Local test center, home/office)
7. Select exam date and time and Proceed to Checkout  

Kita bisa memilih lokasi kita mengambil ujian, dan ini berpengaruh ke jumlah biaya yang harus dibayarkan. Biaya Exam AZ-900: Microsoft Azure Fundamentals ini adalah $55 di Indonesia, untuk di US sendiri lebih mahal, yaitu $99. Ini juga yang berbeda dengan provider lain seperti Cisco yang biaya ujian di Indonesia sama dengan di US.

Setelah tanggal ujian dikonfirmasi, selanjutnya adalah menyelesaikan materi learning path di platform Microsoft Docs yang bisa dilihat di link ini. Pada awalnya saya menjadwalkan ujian tanggal 12 November, namun karena suatu hal sehari sebelum ujian saya mundurkan ke tanggal 17 November. Sebenarnya dalam kondisi normal, reschedule ujian Microsoft harus minimal 6 hari kerja sebelum tanggal ujian, kurang dari itu ada fee 12.5% dari harga ujian yang dikenakan. Karena situasi pandemi, aturan tersebut sementara diringankan oleh Microsoft, linknya bisa dilihat di sini:

Hal lain yang tidak saya duga sebelumnya adalah exam AZ-900 mengalami update per tanggal 9 November 2020, sedangkan sebelumnya saya menggunakan learning path versi sebelum update. Hal ini juga salah satu faktor saya memundurkan ujian.

Untuk materi belajar yang saya gunakan adalah:

  1. Microsoft Documentation – AZ-900 Learning Path (updated version), free.
  2. AZ-900 Microsoft Azure Fundamentals by Toddy Mladenov di Cybrary Pro.
  3. Whizlab Practice Test – AZ-900, harganya $15.95 dapat diskon menjadi $11.5
  4. Kaplan Practice Test, termasuk dalam paket langganan Cybrary Pro saya.
  5. GitHub Demo and Labs for AZ-900, free
  6. Portal Azure, Free Trial for 1 month, butuh CC untuk bisa mendaftar.

Untuk pengalaman ujiannya, berikut yang sempat saya amati:

  • Passing score, minimum 700 point, durasi 60 menit dengan jumlah 43 pertanyaan, yang dibagi menjadi multiple-choice, drag-and-drop dan hotspot. Untuk hotspot sendiri ada yang berupa pilihan Yes or No (radio button), ada pula yang berbentuk drop-down menu. Untuk penilaian juga sepertinya Microsoft lebih “baik hati” dibanding Cisco, contohnya bila dalam 1 pertanyaan ada 3 statement Yes or No, maka jika 1 point keliru kita masih bisa dapat poin dari 2 soal yang benar.
  • Kita juga bisa mundur ke pertanyaan sebelumnya jika berubah pikiran akan jawabannya. Ketika sudah menjawab semua pertanyaan, jika di ujian Cisco kita End Exam dulu baru keluar hasil lulus atau tidaknya, di ujian Microsoft ini keluar hasilnya dulu baru di “End Exam”. Hal ini diwanti-wanti sebelum mulai ujian oleh proctor agar tidak ada masalah ke depannya.

Disclaimer:
Ini adalah ujian pertama saya dengan Microsoft, jadi bisa saja pengamatan saya di atas kurang tepat. Isi artikel ini valid pada saat saya tulis yaitu 18 November 2020.

 

Change AAA Server for Remote-Access VPN on Cisco Firewall

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.