SecureCRT Integration with GNS3

Defaultnya, terminal di GNS3 windows adalah Putty, namun setelah menonton beberapa video CBT Nuggets, Jeremy Cioara menggunakan SecureCRT x64 sebagai terminal console lab GNS3-nya. Fitur yang menarik dari SecureCRT adalah multitab, sehingga tampilan layar menjadi lebih lega dan rapi karena tidak banyak window terpisah sehingga membuat layar terlihat penuh dan membingungkan. Apalagi jika router yang digunakan lebih dari 10, bisa dibayangkan ribetnya. Jadi penasaran bagaimana caranya.
Akhirnya setelah membaca beberapa blog dan forum ketemu juga solusinya di blognya Jeremy Cioara di sini. Jadi hanya mengubah setting terminal setting di Edit >> Preference >> di bagian General, pilih tab Terminal Settings, isi bagian Terminal Command dengan syntax:
c:PROGRA~1VANDYK~1SecureCRTSecureCRT.exe /T /N %d /telnet 127.0.0.1 %p

Sesuaikan path di C dengan path file secureCRT.exe di komputer anda. Lalu klik Apply >> OK.Sekarang dicek, jika router dicoba untuk dikonsol maka terminal yang keluar adalah SecureCRT, bukan putty sebagaimana defaultnya.
Semoga tulisan ini bermanfaat, silahkan jika ada yang ingin menambahkan.

Untuk Linux, saya belum ketemu cara integrasinya seperti apa. InsyaALLAH segera diupdate kalau sudah ketemu caranya 🙂

*Disclaimer: SecureCRT adalah software berbayar, posting ini tidak menyediakan link untuk download SecureCRT, jika tertarik, silahkan hubungi developer resminya.

Lab EIGRP Distribute List
Instalasi Olive dengan VMWare di Windows 7

Leave a Reply

Your email address will not be published / Required fields are marked *